Saran Terhadap Mata Kuliah

Sebelum membahas saran, ada baiknya saya akan memaparkan sedikitnya tentang apakah itu 'Teknik Komunikasi'.

Teknik Komunikasi merupakan mata kuliah yang terdapat pada Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Mata kuliah Teknik Komunikasi ini membahas prinsip, metode dan praktek komunikasi yang diperlukan perencana. Menurut beberapa pakar perencanaan, komunikasi dianggap sebagai salah satu kompetensi dasar yang harus dipunyai oleh seorang perencana, di samping penguasaan terhadap teori, metode analisis dan kemampuan pengambilan keputusan serta penilaian (etika).


Dengan mempelajari Teknik Komunikasi diharapkan mampu :
  1. Menjadikan Teknik Komunikasi sebagai alat untuk transfer pengetahuan dari pengirim kepada penerima (receiver) (misal: dosen dengan mahasiswa)
  2. Memotivasi orang lain untuk melakukan suatu tindakan atau pekerjaan tertentu. (pidato, wejangan, dll)
  3. Mengontrol tindakan seseorang. (hubungan   atasan-bawahan).
  4. Mengekspresikan perasaan dan emosi.


Pesan & Saran terhadap Mata kuliah :
Sebelumnya saya ucapan terima kasih yang ditujukan terhadap koordinator Mata kuliah Teknik komunikasi Ir. Nurini, MT, dosen pembimbing lain dan kepada para asisten. Karena pada semester ini telah membantu dan membimbing kami angkatan tahun 2010 dengan sangat baik sehingga saya dan teman-teman lainnya mampu menyelesaikan tugas ini sampai ketahap yang sekarang.

Pesan :
Menurut saya, Mata kuliah Teknik Komunikai merupakan mata kuliah yang cukup menyenangkan, hal ini dikarenakan di dalam mata kuliah ini kita dituntut dan dibimbing untuk bisa memaparkan informasi sejelas mungkin kepada orang lain agar membuat orang lain tersebut paham akan hal yang kita sampaikan.
Apalagi di tambah dengan pengaplikasian contohnya di dalam kelas. hal ini cukup membuat kita sesama teman bisa saling bertukar pikiran akan kekurangan yang kita miliki.

Saran :
Agar kedepanya Mata kuliah Teknik komunikasi mampu berkembang dengan lebih baik lagi. Sehingga mampu menghasilkan bibit-bibit berkualitas dengan penguasaan terhadap teori, metode analisis dan kemampuan pengambilan keputusan serta penilaian (etika), khususnya Teknik Komunikasi untuk seorang Perencana.