Cara Menggabungkan WordPress dengan webhost

Posting kali ini akan menerangkan tentang tutorial pembuatan blog wordpress dengan hosting dan domain, kali ini yang akan di gabungkan ialah wordpress, 000webhost dan domain (co.cc). sebelum memulai mungkin ada yang bertanya kenapa harus digabung dengan 000webhost dan domain co.cc?? jawabannya tentu saja karena semuanya GRATIS.

1. Membuat account email
Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuat accout email seperti yahoo, gmail dan msn. (salah satu saja) tapi jika kamu sudah mempunyai account email maka langkah ini tidak perlu dilakukan. Langkah ini dimaksudkan untuk melakukan registrasi nantinya.

2. Membuat nama domain di (co.cc)
Langkah berikutnya ialah membuat domain (Free) di http://www.co.cc/?id=157816. Lalu silahkan isikan kotak yang tersedia dengan nama domain yang kamu inginkan seperti: nama-kamu.co.cc, namablogkamu.co.cc. bila nama yang kamu masukan sudah ada yang punya, kamu akan diminta untuk memasukan kembali nama domain kamu. Akan tetapi jika nama yang kamu masukan belum ada yang punya maka “SELAMAT” nama domain tersebut akan menjadi milik kamu. Lalu kamu akan diminta untuk melakukan registrasi, ikuti terus langkah registrasi hingga selesai. Setelah itu klik Domain setting dan lakukan langkah ketiga tapi ingat jangan tutup dulu window tersebut karena SETUP akan bisa dilakukan jika kamu sudah mempunyai webhosting.

3. Mendaftar (Registrasi) di 000webhost.com .
Langkah ketiga ialah registrasi di 000webhost.com . Buatlah new tab lalu masuklah ke website 000webhost.com , lalu klik ORDER NOW yang ada di atas dan lakukan langkah registrasi tersebut hingga selesai. Didalam registrasi kamu akan diminta untuk memasukan nama domain yang kamu miliki, masukan nama domain yang tadi kamu daftarkan di http://www.co.cc/?id=157816. Setelah kamu selesai dengan registrasi, masuklah ke halaman Control panel lalu klik Account Detail kamu akan diperlihatkan tentang account detai kamu. Sekarang perhatikan tulisan host server biasangan berbentuk seperti : ???1.000webhost.com dan ???2.000webhost.com (* kata tanda Tanya bisa berbeda-beda isinya) nah informasi itulah yang nanti akan kita gunakan untuk mengisi SETUP di http://www.co.cc/?id=157816.


4. Melakukan SETUP di Co.cc
kamu hamper selesai, kali ini dhidy akan menerangkan cara setup di www.co.cc . Masih ingat tentang Account Detail yang kita bicarakan di langkah ketiga?? Copy lah host server tersebut. Sekarang kembali ke tab SetUp (Domain Setting) www.co.cc yang tadi dhidy terangkan di langkah ke-2. Dalam DNS setting pastelah host server yang tadi di copy (isi kedua nya). Dengan begitu Domain Setting telah selesai dilakukan. Tapi wordpress kamu masih belum bisa di akses karena registrasi www.co.cc memerlukan waktu 2×24 jam hingga domain kamu beredar di internet.

5. Menginstall wordpress dengan 000webhost.com
Setting Domain dan WebHosting sudah selesai sekarang tinggal menginstall wordpress. Untuk menginstall wordpress di 000webhost.com sangatlah mudah karena 000webhost.com sudah di dukung oleh wordpress.
Untuk menginstall silahkan masuk ke Control panel 000webhost.com lalu klik icon yang bertuliskan FantasticoAutoInstaller. auto installer ialah alat penginstall di 000webhost.com tepatnya kamu dapat menginstall wordpress dari sana. Setelah masuk ke FantasticoAutoInstaller. pilihlah wordpress lalu install , masukan username dan password. Maka wordpress telah selesai di install akan tetapi wordpress masih belum dapat di akses karena untuk registrasi di www.co.cc perlu menunggu 2×24 jam untuk mengorbitkan domain kamu di internet. Namun jangan senang dulu,  wordpress yang di install di 000webhost.com adalah versi lama jadi kamu harus meng-Upgrade ke wordpress terbaru. Untuk melakukan hal itu silahkan lakukan langkah ke-6 selanjutnya.

6. Meng-Upgrade WordPress
Untuk Update WordPress, langkah ini agak riskan soalnya kalau file penting dalam wordpress ikut terhapus maka kamu harus memasukan data secara manaual khususnya di file bernama : wp-config.php, maka yang pertama-tama kamu lakuin yaitu :

- Downloads wordpress versi terbaru

(catatan : sedikit ribet jadi harus diperhatikan.) Pertama download-lah wordpress versi terbaru di wordpress.org, setelah itu extrak file tersebut di hardisk kamu. Hasil extrak ialah folder bertuliskan wordpress. Masuk ke folder wordpress tersebut, lalu tekan CTRL+A untuk menyeleksi file didalam folder tersebut, setelah itu klik kanan pilih Send To lalu klik compressed [zipped] folders. Nah…hasil Zip-an yang baru itulah nantinya yang akan kita upload ke webhosting.
Urutan :
> Download
> Extrak
> hasil extrak berbentuk folder
> block semua isi folder dengan (CTRL + A) *catatan : isinya bukan folder utamanya*
> klik kanan, lalu pilih SEND TO >> Compressed Zip Folder
> hasil compress yang baru lah yang akan dipakai

- Upload file itu ke WebHosting

Untuk meng-Upload file tersebut ke web hosting kamu bisa gunain FTP yang tersedia, kalau di 000webhost.com silahkan masuk ke control panel lalu klik icon file manager, lalu akan terbuka tab baru, di tab baru tersebut kamu akan diminta untuk memasukan password (ingat!!! Cuma password, jangan ubah username-nya) karena username sudah berbentuk account. Setelah itu akan tampil folder bernama Public_Html file itu merupakan tempat dimana kamu memasukan segala data untuk keperluan website kamu (ingat!!! Jangan di upload di luar folder Public_Html) masuklah ke folder tersebut, lalu upload file zip yang tadi kamu download. Cara meng-Upload : klik tulisan Upload di atas folder Public_Html, maka kamu akan di bawa ke halaman Upload setelah itu Browse pada kotak sebelah kanan (sebelah kanan berguna untuk mengupload file berextensi ZIP, sebelah kiri untuk file yang tidak terkompresi) lalu klik tanda centang yang berada di atas, setelah itu klik lagi tanda centang yang maksudnya ialah persetujuan.

- Selesai (wordpress sudah selesai di upgrade).
          walau tetap belum bisa di akses karena registrasi di www.co.cc butuh waktu. Sembari menunggu 2×24 jam kamu sudah bisa mulai menentukan theme (tema) dan plugin (alat tambahan). Untuk itu silahkan melanjutkan ke langkah selanjutnya.

7. Meng-Upload theme dan Plugin yang di perlukan
Untuk meng-Upload kamu harus men-Download plugin dan theme tersebut, kamu bisa mencarinya di Google atau langsung ke website wordpress.org. setelah memilih thema yang kamu inginkan silahkan kembali ke File manager 000webhost.com masuklah ke folder Public_html/wp-content/theme (untuk menginstall theme) atau Public_html/wp-content/plugin (untuk menginstall plugin.) . dan upload-lah file yang kamu download tadi. Selesai tinggal menunggu 2×24 jam tiba.

8. WordPress siap di akses
Untuk mengakses panel admin wordpress silahkan ketikan http://namadomainkamu.co.cc/wp-Admin dan masukan username dan password kamu. kamu sudah sampai pada dashboard wordpress, sepertinya cukup sampai disini selanjutnya terserah kamu.
(Ya sekian tutor diatas. Meski bukan asli tulisan saya tapi maksud saya mencopy paste untuk berbagi dengan blogger sekalian. Selain itu juga saya mencantumkan alamat asli dimana saya mencopy posting ini. Untuk informasi lebih lanjut hubungi alamat di bawah ini).


Sumber : http://nankrin.co.cc/