Rencana Walikota Cilegon Sangat Diharapkan


PLTGU Cilegon
Cilegon - Seperti yang telah diberitakan oleh radar banten sebelumnya, Walikota Tb Iman Ariyadi dalam waktu dekat berencana menemui pimpinan perusahaan PT Indonesia Power (IP) Unit Pelaksana Bisnis (UBP) Suralaya. Hal tersebut lantaran ingin  menyikapi masih banyaknya ribuan rumah warga yang belum teraliri listrik.

Rencana Pemerintah ini disambut baik oleh masyarakat kota cilegon. Salah satunya Ibu Sri Mulyati yang ditemui di pusat perbelanjaan. Beliau mengungkapkan kegembiraannya dengan rencana kebijakan pemerintah ini terutama untuk orang kurang mampu. Ibu rumah tangga ini juga mengaku bangga memiliki walikota yang peduli rakyat, walaupun sebenarnya masih banyak yang tak tahu akan rencana ini ungkapnya.

Keterlambatan informasi warga cilegon lantaran diduga karena kurangnya minat membaca terhadap koran lokal. Namun hal ini tidak menjadi masalah asalkan Pemerintah mampu menjalankan kebijakan  dengan baik sehingga masyarakat akan mengetahui setelah mendapatkan listrik.
PLTU Suralaya

General Manager PT PLN (Persero) Pembangkitan PLTGU Cilegon Riatrisakya menjelaskan pembangkit menjadi wewenang PLTGU Cilegon, PLTU 1 Banten Suralaya Baru, PLTU 2 Jabar Pelabuhan Ratu dan PLTU Adipala) yang bertugas melayani kebutuhan listrik untuk disalurkan oleh PLN P3B. “Dengan demikian, jumlah pelanggan PLN Pembangkitan Cilegon hanya 1 yaitu PLN dengan operator penyalurannya dilakukan oleh PLN (Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali) P3JB ” jelasnya.

Sementara pembangkit yang sudah beroperasi di bawah PLN Pembangkitan Cilegon adalah PLTGU dengan bahan bakar utama menggunakan Gas. Sedangkan pembangkit lainnya yang masih dalam tahap konstruksi termasuk PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Suralaya Baru, PLTU Pelabuhan Ratu, dan PLTU Adipala di Cilacap. Menurut Riatrisakya, PLTGU Cilegon bertugas untuk menghasilkan listrik untuk memasok kebutuhan sistem kelistrikan di area Cilegon. Sejauh ini kebutuhan listrik di area Cilegon masih dapat dipenuhi kebutuhan listriknya dari PLTGU Cilegon dan PLTU Labuan.

    Kutip & Editing dari 'http://korandigital.com/'