Rektifikasi Radiometrik Menggunakan Er-Mapper



ER Mapper adalah salah satu software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengolah data citra atau satelit. ER Mapper dapat dijalankan pada workstation dengan sistem operasi UNIX dan komputer PC (Personal Computer) dengan sistem operasi Windows 95/98 dan Windows NT.


ER Mapper mengembangkan metode pengolahan citra terbaru dengan pendekatan yang interaktif, dimana kita dapat langsung melihat hasil dari setiap perlakuan terhadap citra pada monitor komputer. ER Mapper memberikan kemudahan dalam pengolahan data sehingga kita dapat mengkombinasikan berbagai operasi pengolahan citra dan hasilnya dapat langsung terlihat tanpa menunggu komputer menuliskannya menjadi file yang baru. Cara pengolahan ini dalam ER Mapper disebut Algoritma.

Keunggulan utama ER Mapper adalah kemampuannya untuk menghemat tempat pada hard disk komputer serta metode pengolahan data yang interaktif dimana setiap hasil proses dapat langsung dilihat tampilannya pada monitor. Hal ini membuat waktu pengolahan menjadi lebih cepat.

Beberapa kekhususan lain yang dimiliki ER Mapper adalah:
    *          Didukung dengan 130 format pengimpor data.
    *          Didukung dengan 250 format pencetakan data keluaran.
    *          Visualisasi tiga dimensi.


Retifikasi :
adalah proses memperbaiki citra satelit dari kesalahan-kesalahan geometris akibat variasi skala, sistem kamera sentral proyeksi kamera sentral, kesalahan akibat kelengkungan bumi, dan kesalahan akibat variasi terrain yang mengakibatkan pergeseran relif (relief displacement) sedemikian rupa sehingga citra satelit benar-benar terbebas dari kesalahan-kesalahan tersebut (dikatakan orthogonal) yang memenuhi standard ketelitian skala peta 1:2.500.Pada proses orthorektifikasi ini secara simultan dilakukan proses georeferencing sehingga seluruh pixel digital citra satelit memiliki sistem koordinat sesuai dengan GCP yang digunakan.
(http://www.tokogis.com)


Langkah-langkah retifikasi radiometrik menggunakan Er mapper :
  • Buka aplikasi Er mapper,
  • Lalu munculkan peta dari direktori, dengan cara File > open > pilih directories > file yang akan di pilih> ok.  

  • Setelah muncul peta, lalu Kemudian klik kanan pada kolom lembar kerja > pilih cell value profile > klik peta citra. (Cara ini digunakan untuk melihat nilai pixel sebuah citra) 
  • Untuk meretifikasi radiometrik, klik kanan pada lembar kerja > algorithm > Pilih red layer > lalu pilih B5:1.65_um > klik edit transform limits dan lihat angka yang tertera di bawah grapic.

  • Setelah itu pilih edit formula > tuliskan -16 pada kolom INPUT (yang sebelumnya tertera pada kolom transform limits) > apply changes.

  • Hasil pada layer citra (warnanya berubah).

  • Lalu ulangi tahapan tadi pada layer berikutnya, pilih green layer > lalu pilih B3:0.66_um > klik edit transform limits dan lihat angka yang tertera di bawah grapic.

  • Setelah itu pilih edit formula > tuliskan -22 pada kolom INPUT >  apply changes.
  • Hasil pada layer citra (warnanya berubah).
  • Tahap terakhir, pilih blue layer > lalu pilih B2:0.56_um > klik edit transform limits lagi dan lihat angka yang tertera di bawah grapic.
  • Setelah itu pilih edit formula > tuliskan -71 pada kolom INPUT >  apply changes.
  • Dan hasil akhir pada layer citra (warnanya berubah).
  • Save file dan keluar.